Selasa, 18 Januari 2011

Tanam Sayur Dalam Pot

Berawal dari iseng - iseng search di internet gak sengaja baca sebuah blog yang berisi memanfaatkan pekarangan sempit untuk bercocok tanam, sayangnya saya lupa alamat blog nya. Aku jadi terinspirasi untuk tanam sayur sendiri, itung - itung mengurangi sedikit sampah yang kian hari kian meresahkan. Sisa - sisa sampah rumah tangga bisa dijadikan kompos sebagai media tanam. Cari bibit sayur juga gak sulit, tinggal beli aja di toko pertanian terdekat atau memanfaatkan sisa - sisa dapur. Seperti kangkung akar bisa di tanam lagi, kita bisa memetik sendiri sayuran sehat tanpa pestisida tentunya.
Untuk membuat kompos aku menggunakan MOL tapai, baca dari blognya pak Sobirin . Adapun cara pembuan MOL adalah sebagai berikut, numpang copy paste ya pak :
http://clearwaste.blogspot.com/2008/01/mol-tapai-atau-mol-peuyeum-lebih-bersih.html
Pertama
siapkan botol plastik air minum kemasan ukuran besar (1.500 mililiter). Cukup satu botol kosong saja, tidak usah dengan tutupnya.
Kedua
beli tapai atau peuyeum, sedikit saja, soalnya butuhnya juga hanya 1 ons, lalu masukkan dalam botol tadi.
Ketiga,
isikan air dalam botol yang telah berisi tapai atau peuyeum tadi. Tidak usah penuh, cukup hampir penuh.
Keempat,
masukkan gula ke dalam botol yang telah diisi tapai atau peyeum dan air tadi. Bisa gula pasir atau gula merah, 5 sendok makan.
Kelima
kocok-kocok sebentar agar gula melarut.
Keenam,  
biarkan botol terbuka tidak ditutup selama 4 atau 5 hari. Selanjutnya, selamanya botol tidak ditutup, biar MOL-nya bisa bernafas.
Ketujuh
setelah 5 hari, dan kalau dicium akan berbau wangi alkohol, maka MOL telah bisa dipakai.
Kedelapan
kalau ingin ”beternak” MOL, maka ambillah botol kosong yang sejenis, lalu bagilah MOL dari botol yang satu ke botol kedua. Separoh-separoh. Lalu isikanlah air ke dalam botol-botol tadi sampai hampir penuh, dan kemudian masukanlah gula ke masing-masing botol dengan takaran seperti di atas. Maka kita punya 2 botol MOL. Bila ingin memperbanyak lagi ke dalam botol-botol yang lain, lakukanlah dengan cara yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar