Sabtu, 22 Januari 2011

Di gigit kucing

Grace putri ku sangat senang dengan binatang peliharaan, terutama kucing. Seperti biasanya sore hari kami bermain di belakang rumah bersama kucing tetangga sebelah. Eh... baru sebentar aku tinggalin sama papa nya terdengar suara tangisan. Ternyata si kucing mengigit kaki putri ku. Dengan segera dan tergopoh - gopoh kami membawanya ke rumah sakit terdekat, maklum baru anak pertama, jadi kuatirnya nggak ketulungan.
Seperti kita ketahui kucing bisa menularkan penyakit pada manusia. Mungkin tulisan dibawah ini dapat menambah wawasan kita tentang akibat gigitan kucing.
http://cesstone.blogspot.com/2009/06/penyakit-infeksi-gigitan-cakarangarukan.html
 
Apa tanda-tanda penyakit/infeksi karena cakaran kucing?

Sebuah luka mungkin akan timbul setelah seekor kucing menggigit atau mencakar anda. Luka serta rasa sakit mungkin tidak terjadi seketika itu setelah gigitan atau cakaran. Mungkin akan memakan waktu antara 3-10 hari sampai timbul luka setelah gigitan atau cakaran.

Luka mungkin akan memakan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Juga akan timbul infeksi pada kelenjar infe, dan kebanyakan kelenjar limfe yang mengalami infeksi adalah kelenjar limfe daerah terdekat dimana luka atau cakaran itu terjadi. Sebagai contoh, jika infeksi akibat gigitan atau cakaran kucing pada daerah lengan tangan, maka kelenjar limfe pada daerah ketiak yang mungkin akan menglami pembesaran dan dan rasa nyeri. Pembengkakan pada kelenjar limfe tersebut mungkin sampai satu inchi atau bahkan lebih.

Apa pemeriksaan yang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit/infeksi gigitan atau cakaran kucing?

Jika anda ingat bahwa anda telah tergigit atau dicakar oleh seekor kucing, doker mungkin akan bisa mendiagnosanya berdasarkan pada fakta yang anda sebutkan bahwa anda telah digigt atau dicakar kucing dan kemudian merasa nyeri, terjadi pembengkakan pada kelenjar limfe. Pada saat diagnostik tidak dapat ditegakkan dengan pasti, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah untuk membantu menegakkan diagnosisnya.

Bagaimana penyakit/infeksi gigitan atau cakaran kucing terobati?

Kebanyakan kasus/infeksi karena gigitan atau cakaran kucing dapat sembuh tanpa usaha penyembuhan. Meskipun demikian, antibiotik (obat untuk membunuh bakteri) mungkin diperlukan apabila kelenjar limfe terinfeksi dan timbul pembengkakan serta rasa nyeri pada kelenjar limfe selama 2 atau 3 bulan. Obat antibiotik mungkin juga diperlukan jika anda mengalami demam dalam waktu yang lama, atau jika infeksi terjadi pada tulang, hati atau organ-organ lainnya.

Jika kelenjar limfe sangat besar dan nyeri, Dokter mungkin akan mengeluarkannya melalui drainase untuk menghilangkan atau meringankan rasa nyeri.

Dapatkah dicegah?

Mneghindari seekor kucing adalah cara termudah untuk mencegah penyakit ini, tapi biasanya tidak perlu sampai membuang atau menyingkirkan kucing peliharaan anda. Cobalah untuk megnhindari situasi-situasi yang mungkin dapat menjurus kepada kejadian gigitan atau tercakar kucing. Jangan menggoda atau memprovokasi kucing karena kebanyakn gigitan atau cakaran kucing terjadi dikarenakan kucing yang terprovokasi atau terpancing emosinya. Cara lain mencegah infeksi gigitan atau cakaran kucing adalah mencuci tangan anda dengan hati-hati setelah memegang kucing. Usaha membersihkan kutu kucing juga akan mencegah anda dan anggota keluarga lainnya dari infeksi cakaran kucing.

Kucing sepertinya hanya mampu memindahkan infeksi ini selama beberapa minggu. Kucing muda kelihatannya lebih mungkin membawa bakteri daripada kucing yang lebih tua. Pada rumah yang terdapat anak kucing mempunyai angka infeksi yang lebih tinggi. Jika anak kucing tersebut mempunyai kutu, angka infeksi akan jauh lebih tinggi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar